Rabu, April 05, 2017

SUDIO VASA BLA : SI WIRELESS ANTI KUSUT

Oleh : Babang Travengler

Desember taun lalu Babang Trav kehilangan earphone Bose kesayangan yang udah setaun terakhir selalu dibawa kemana-mana. Waktu itu lagi ikut acara Hammocking di Selangor, entah lupa narok atau kececer, yang pastinya setelah dicari-cari gak nemu. Nangis darah deh. Yang bikin susah mupp on itu harganya yang lumanyun banget, menguras dompet. Jadilah kalau lagi dalam perjalanan puasa dulu dengerin musik, hiks.

Untungnya sekarang udah ada penggantinya, Sudio Vasa Bla dari Sudio Sweden. Sekilas info, Sudio ini perusahaan Swedia yang memproduksi earphone yang masi terhitung baru di dunia persilatan earphone. Berdirinya sejak taun 2012, Sudio dengan gampang membukukan penjualan yang emejing sebanyak 100.000 unit di taun pertama kemudian berlipat 300% - 400% setiap taunnya. Kuncinya adalah desain elegan minimalis dengan kualitas suara yang oke punya.

Produk yang telah dijual sampai hari ini di websitenya ada 5 jenis yaitu earphone on-ear Regent, earphone Vasa Bla, Vasa, Klang dan Tva. Untuk tipe Regent dan Vasa Bla udah mendukung wireless sedangkan 3 produk terakhir masih pakai kabel. Produk yang kita beli di situs Sudio Sweden dikirim langsung dari Swedia lho ke alamat pemesan di seluruh dunia.


Earphone Vasa Bla yang Babang punya adalah penyempurnaan dari produk sebelumnya, Vasa. Jika tipe Vasa masih harus dicolokkan ke sumber musik, tipe Vasa Bla udah tanpa kabel berkat bluetooh versi 4.1nya, tinggal pairing ke perangkat yang mendukung, musik siap dinikmati. Berikut ripiuw ala-ala dari Babang.

Unboxing





Kotak earphone Sudio Vasa Bla ini terlihat imut, ada pita-pita merah kayak kado ultah. Didalamnya tersusun rapi earphone Vasa Bla biru, 6 ear buds cadangan dengan berbagai ukuran, kabel charger, jepitan, pouch dari kulit asli warna biru, buku manual dan kartu garansi.

Desain



Earphone yang Babang pegang ini Vasa Bla biru dengan sepuhan warna gold di bagian cangkang. Kabelnya sendiri terbuat dari karet pipih, mengingatkan Babang ama earphone merek Beats yang udah duluan terkenal. Keuntungan dari kabel pipih ialah tidak gampang kusut kayak kabel earphone biasa. Bagian kanan earphone terdapat 3 tombol pengontrol diantaranya tombol +, - , dan play sedangkan di bagian belakang ada lobang kecil sebagai mic. Di bagian kiri terdapat baterai dan port charging.

Sebuah kiriman dibagikan oleh T R A V E N G L E R ® (@travengler_id) pada

Spesifikasi

Berat : 22 Gram 
Wireless : Bluetooth 4.1 
Jarak cakupan : 10 meter 
Daya tahan baterai : 8 jam 
Standby : 10 hari 
Tipe : 10,2 mm speaker dinamis 
Sensivitas : 113 dB SPL @ 1 kHz 
Impedansi : 32 Ohm @ 1 kHz 
Respon Frekuensi : 18 Hz - 23 kHz

Pairing

Sebelum proses pairing, pastikan dulu earphone udah di cas penuh . Babang pairing ke iphone 5SE prosesnya gampang banget.

- Nyalakan earphone dengan memencet dan tahan tombol tengah (play) selama 5 detik sampai lampu biru dan merah berkedip-kedip.
- Nyalakan Bluetooth di henpon lalu pilih Sudio VASA BLA.
- Setelah tersambung, earphone siap digunakan.

Testing

Jadi ceritanya akhir-akhir ini Babang lagi suka dengerin lagu Dive miliknya Ed Sheeran, selain liriknya yang nyentuh, suara abang Ed dilagu ini pawerpul banget. Langsung tes sound pake Sudio Vasa Bla. Babang sedikit kaget dengan kualitas suara dari earphone ini, bass nya nendang dengan variasi kedalaman berbeda, trebles dipadu vokal si Ed terdengar jernih dan hangat. Suara dengan frekuensi rendah juga kedengaran jelas dari belakang.

Dengerin lagu FourFiveSeconds nya Rihanna seperti mendengar lagu ini dengan versi lain, banyak suara yang tidak pernah ada di earphone Bose malah muncul di Vasa bla. Selain suara vokal utama Rihanna dan Kanye West, banyak suara lain yang menggema dibelakangnya. Keunggulan paling menonjol dari earphone ini adalah sensitif terhadap frekuensi rendah sehingga mampu menampilkan suara penyanyi dengan jelas dan bersih. Babang udah tes earphone ini buat dengerin lagu akustik, ajeb-ajeb, jazz, rock dan kawan-kawan, hasilnya membuat Babang tersepona, Vasa Bla mampu memproduksi suara yang renyah dan detail, saat volume di set maksimal, kualitas suara masih terjaga tanpa mendesis dan pecah.

Eniwei, Vasa Bla bisa juga dipake buat nilpun, mic nya bekerja dengan baik, buktinya lawan bicara bisa dengar Babang dengan jelas.

Sekali cas, Vasa Bla bisa Babang pake sampai 3-4 hari dengan waktu pakai 2 jam per hari. Dulu kalo mau dengerin lagu musti habisin 3-5 menit dulu buat rapiin kabel earphone yang kusut.Problem klasik yang selalu ada saat masi pakai Bose dengan kabelnya sering kusut udah gak ada lagi di Vasa Bla, bebas kusut dan serius nyaman dipake dalam waktu yang lama.

            

Tombol-tombol di earphone ini sangat berguna untuk mengontrol lagu, gak perlu lagi buka henpon hanya untuk ganti lagu atau kecilin volume, berikut tombol yang ada beserta fungsinya :

Tombol + 

Tekan satu kali untuk besarin volume
Tekan dan tahan 3 detik untuk lompat ke lagu berikutnya

Tombol Tengah / Play

Tekan satu kali untuk pause lagu
Tekan dan ditahan 3 detik untuk menghidupkan/mematikan earphone

Tombol -
Tekan satu kali untuk kecilin volume
Tekan dan tahan 3 detik untuk kembali ke lagu sebelumnya

Ketiga tombol di earphone ini empuk dan gak perlu pake tenaga dalam segala buat mencetnya.

Kesimpulan

Dengan harga jual yang terpampang nyata di situsnya sebesar Rp 1.433.899, earphone ini adalah pilihan pas bagi kamu yang mementingkan kualitas suara dengan harga terjangkau. Selain itu baterai yang sanggup bertahan sampai 8 jam adalah poin plus yang patut dipertimbangkan. Produk kompetitor terdekat adalah earphone BeatsX yang dijual 198 Dollar Singapura atau sekitar Rp 1.881.445.

Bagi Kepoerz pembaca setia blog Babang bisa dapat diskon 15% + 20 % diskon pajak untuk setiap pembelian produk Sudio di situs mereka dengan memasukkan kode diskon " travengler ". Jadi Babang dah itung-itung, total yang perlu dibayar cuma Rp 975.051, bandingkan dengan earphone merek Beats tadi yang harganya 2 kali lipat dari Vasa bla. Masi ada kejutan lain, setiap pembelian earphone Sudio Sweden tipe apa aja gratis tis tis 1 casing henpon marble. Jadi tunggu apa lagi gaes, buruan melipir ke www.sudiosweden.com/id

8 komentar:

  1. Babang, desain nya bagus banget dan unik.. Tapi harga nya lumayan juga ya Babang 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal masukin kode pocer diskon " travengler" atuh, jadi 900 rebeng aja 😎

      Hapus
  2. ini beneran dari swiss ongkir Gratis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Swedia, gratis ongkir ke Indonesia

      Hapus
  3. uhuy kita punya warna yang sama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss dulu koh deddy 🤜🤛

      Hapus
  4. Duh jadi penisirin sama Sudio Vasa Bla. Babang jual tak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha gak dijual ini kak, dah jatuh cintrong soalnya 😛

      Hapus

🙏 Hai salam kenal ya. Matur tengkiuw udah kepoin blog Babang Trav. jangan lupa tinggalin komen ya. Babang pasti berkunjung balik ke blog Kepoerz semua. Komen berisi link langsung Babang hapus ya.

https://www.instagram.com/travengler.id

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search