Kamis, Desember 22, 2016

WARNA-WARNI CITRAWARNA 2016



Setiap negara biasanya memiliki dongeng, legenda, atau cerita rakyat yang diceritakan turun-temurun dari generasi ke generasi penerusnya. Banyak cerita merupakan hasil karangan semata sebagai pengantar tidur anak-anak, dan gak sedikit juga diyakini benar-benar pernah terjadi. contohnya di Indonesia, banyak cerita yang pernah kita dengar seperti legenda tangkuban perahu, roro jongrang, malin kundang dan kawan-kawan. Ada yang percaya dan banyak yang meragukan karena ceritanya di luar nalar manusia modern kayak kita. kita?

Seperti cerita Malin Kundang yang udah gak keitung berapa kali Emak ceritakan kepada kami. Si Malin yang durhaka tiba-tiba berubah menjadi batu karena dikutuk ibunya yang notabene hanyalah ibuk-ibuk biasa yang bukan berprofesi sebagai penyihir kayak di pelem-pelem. Saat itu ibunya berdoa kepada allah untuk mengubah anaknya yang berhati batu menjadi batu sungguhan, langit mendadak kelam, angin kencang diiringi petir menyambar. Kapal kebanggan Malin beserta isinya tiba-tiba berubah menjadi batu. Malin sadar jika doa ibunya terkabul, dan buru-buru turun dari kapal untuk memohon maaf. Namun sayang dua ribu sayang, nasi telah menjadi bubur. Gak ada yang bisa diperbuat untuk menghentikan kutukan itu, Malin berubah menjadi batu. Tamat. Percaya gak? Banyak sih yang bilang itu hanyalah dongeng, tapi Babang percaya 1.000 % itu pernah kejadian secara buktinya ada. Bagi Kepoerz yang pinisirin bisa liat langsung batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang. Walaupun batunya udah rusak terkikis ombak, tapi masi jelas terlihat puing-puing kapal berbentuk batu beserta gulungan tali yang begitu mirip tali kapal dan tentunya si Malin yang berwujud patung yang sedang bersujud.

Sama halnya dengan Indonesia, di negara jiran kita Malaysia juga banyak cerita yang diceritain turun-temurun seperti Legenda Putri Gunung Ledang, Hang Tuah dan lainnya. Terlepas itu nyata atau atau mitos belaka, kali ini Babang dan 4 Blogger indonesia lainnya punya kesempatan untuk mengetahui ceritanya karena diundang untuk menghadiri acara Citrawarna 2016.

Citrawarna adalah program taunan yang diadakan oleh Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia. Event akbar ini menampilkan tarian, nyanyian, pakaian dan kebudayaan masyarakat Malaysia. Tujuan diadakan acara ini yaitu untuk mempromosikan kebudayaan Malaysia. Citrawarna pertama kali diselenggarakan taun 1999 dan semenjak itu rutin dihelat tiap taun sampe sekarang. Tema event nya pun berbeda tiap taunnya. Jika taun kemaren temanya Culture, nature and Future, tema Citrawarna taun ini adalah Myth and Folklore. Lokasi event Citrawarna selalunya di Dataran Merdeka Kuala Lumpur. Event Citrawarna 2016 sendiri adalah permulaan dari campaigne visit Pahang, visit Perak dan visit Terengganu yang menargetkan 30,5 juta kunjungan turis pada taun 2017.
Citrawarna adalah Culture, Nature dan fut


Sebelum menghadiri Citwarna, Babang dan rombongan sedari pagi sudah disibukkan oleh jadwal kegiatan yang disusun oleh panitia.  Kami sampai di Dataran Merdeka jam 7 malam. Kami yang sebelumnya belum sempat makan malan memutuskan untuk take away lalu buru-buru mencari tempat duduk untuk makan. Lavar banget setelah seharian keliling Kuala Lumpur. Beberapa ruas jalan di blok untuk kendaraan, petugas keamanan berseliweran untuk memastikan keadaan aman terkendali. Beberapa pekerja melakukan cek terakhir pada lampu dan  suara, kameramen dari berbagai stasiun tipi mulai ambil posisi. Sepertinya acara ini bener-bener emejing.


Jam menunjukkan jam 8 malam, ribuan penonton sudah memadati Dataran Merdeka.  Acara diawali dengan menyanyikan " Negaraku ", lagu nasional Malaysia, kemudian acara secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Malaysia Dato seri Muhamed Nazri Abd Aziz. Beruntung sekali Babang dan teman-teman blogger duduk di kursi paling depan, malah tamu VIP aja duduknya dibelakang kami hahaha.  Dapat tempat duduk strategis jadi bisa leluasa ngambil foto dan video. 



Berikut ini sususan acara yang berisi cerita legenda dari daerah asalnya dan persembahan tari yang ditampilkan pada citrawarna 2016

1. Hikayat Merong Mahawangsa dari daerah Kedah
2. Lagenda Tasik Chini dari daerah Pahang
3. Upu Chendera Dari daerah Selangor
4. Misteri Lata Kijang dari daerah Negri Sembilan
5. Tarian Bunga Teratai persembahan dari masyarakat keturunan chinese di Malaysia
6. Lagenda Puteri Gunung Ledang dari daerah Johor
7. Lagenda Bukit Puteri dari daerah Terengganu
8. Hang Tuah dari daerah Melaka
9. Tarian Klasikal dan Bangra persembahan dari masyarat keturunan india & sikh di Malaysia
10. Jentayu dari daerah Perlis
11. Cik Siti Wan Kembang dari daerah Kelantan
12. Pertemuan dari daerah Pulau Pinang
13. Sawai, Persembahan dari masyarakat keturunan Orang Asli di Malaysia
14. Raja Naga dari daerah Siam
15. Cempaka Sari dari daerah Perak
16. Huminodun dari daerah Sabah
17. Tugau dari daerah Sarawak
18. Cuti-Cuti Malaysia & Mega Sales persembahan dari Masyarakat Kuala Lumpur

Sekitar 400 penari menampilkan berbagai cerita rakyat dan mitos dalam bentuk tarian yang diiringi musik dan cahaya lampu. Gerakan mereka yang serentak sesuai musik, cerita yang gampang di pahami serta kostum penari yang bewarna-warni sukses menarik perhatian Babang. 3 jam terasa cepet Banget berlalu. Eh baru sadar kenapa dancernya begitu maksimal nari, ternyata tarian mereka dilombakan dan pemenangnya bakalan dapet hadiah ribuan ringgit. Diakhir acara diumukan para pemenangnya, yaitu

-  Juara 3 dari daerah Johor dengan hadiah 3.000 Ringgit
-  Juara 2 dari daerah Perak dengan hadiah 5.000 Ringgit
-  Juara 1 sekaligus memenangkan persembahan tari terbaik dari daerah Sabah dengan hadiah 8.000 Ringgit. Jujur aja Babang seneng banget berkesempatan nonton langsung acara Citawarna 2016 ini, apalagi setelah Babang wiwinciri seorang teman yang pernah nonton Citrawarna taun lalu yang katanya kurang menarik karena saat itu mirip-mirip acara fashion show. Dia pun setuju acara taun ini begitu mevvah dan meriah.





Tulisan ini merupakan media familiarization trip #ETWDCitrawarna2016 (Eat.Travel.Write.Doodle Citrawarna 2016) 24-26 September 2016 bersama 40 orang jurnalis, blogger dan social media influencer  dari Malaysia, Indonesia, Singapore, Brunei, Filipina dan Thailand, yang diselenggarakan oleh Kementrian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia bekerja sama dengan Gaya Travel Magazine Malaysia

21 komentar:

  1. Cetar acaranya bang. Asik tuh dapet barisan paling depan. Dapet posisi wenak buat ambil foto :D

    BalasHapus
  2. Asik ya eventnya.... Cuma rada bingung membedakan mana typo dan mana yang memang bahasa alay... hehehe

    BalasHapus
  3. kangen ih ama malaysia.. :).. dulu pas kuliah aku jrg mas liat acara2 gini... masih fokus belajar plus ga diksh ibu kos keluar ;p.. tapi salut ama malaysia, caranya utk ningkatin wisatawan itu keren2 dan memang bikin banyak org tertarik utk datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak,mereka serius banget kalo masalah pariwisata

      Hapus
  4. Pernah hadiri acara ini, seru banget. apalagi malam-malam acaranya!

    BalasHapus
  5. Semoga tahun depan diajakin ngeliat Citrawarna lagi hahaha amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن hihihi

      Hapus
  6. Wah sungguh bahagia ya bang.
    Kita jadi tamu undangan .... orang VIP dibelakang kita pula...

    Btw ulasannya menarik...tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas fauzi, berasa orang penting wahahaha padahal biasanya gembel 😂

      Hapus
  7. Waaah, seru banget ya babang bisa nonton di depan. Tamu VVIP yg dibelakang maybe pada dongkol, nih anak ngapa bisa mejeng di depan? haha.

    Btw, keren ya acaranya. Hadiah lombanya itu loh menggoda, pantesan yg nari pada semangat, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes eka serasa jadi orang venting sehari 😂

      Hapus
  8. Seru Nihh eventnya, Tulisan ente juga keren gann,, apalagi blog ente.. bikin ane ngiri :D heee
    Sukses teruss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasi banyak ya gan. sukses selalu untuk kita semua

      Hapus
  9. 5000 ringgit berarti 15 jutaan yaaa, lumayan banyak hadiah nya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan banget buat foya-foya manja om 😂

      Hapus
  10. meriah sekali, senangnya bisa ke Malaysia, aku belum prnah T_T

    BalasHapus
  11. aih keren sangaaat!

    Moga2 tahun ini daku bisa ikutan event cethar ini, aamiiiinnn

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus

🙏 Hai salam kenal ya. Matur tengkiuw udah kepoin blog Babang Trav. jangan lupa tinggalin komen ya. Babang pasti berkunjung balik ke blog Kepoerz semua. Komen berisi link langsung Babang hapus ya.

https://www.instagram.com/travengler.id

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search