SELAMAT JALAN MAS IQ

Kamis, Oktober 20, 2016

Iqbal Rois Kaimudin namanya. Ayah muda ini gak hanya dikenal sebagai blogger pemes di Batam, tapi juga penyanyi yang sering banget menang lomba nyanyi. Setaun terakhir penyakit kankernya mengganas. Keluar masuk rumah sakit udah hal biasa, namun dia bukan tipe orang yang suka berdiam diri gak ngapa-ngapain. Sekalipun di rumah sakit, dia masi aja sempat update blog atau ikut lomba di instagram atau tuiter. And u know what? Babang sering jelez sama mas Iq ini karena hampir tiap minggu adaaaaa aja lomba yang dimenanginnya. Hadiahnya macem-macem, ada gadget, voucher belanja, tiket pesawat buat piknik manjah atau duit. Rejeki anak soleh memang.

Sebenarnya kami dah lama tergabung dalam grup Backpacker Batam di whatsapp, sekitar 2 taun yang lalu, lalu di grup lain yang isinya 4L (loe lagi loe lagi) hehehe. Karena kesibukan masing-masing jadilah kami gak pernah berjumpa di dunia nyata. Sekitar bulan April, saat Babang masi belajar di Kampung Inggris, Pare, Babang baru tau dari cerita yang dishare di grup whatsapp kalo mas Iq ini terkena kangker rektum yang mengharuskan untuk BAB dari selang seumur hidupnya. Babang mulai kepoin blognya dari awal. Bagaimana blognya yang dulunya berisi cerita jalan-jalannya kemudian mulai diselingi dengan curhatan tentang awal terkena penyakit yang makin hari makin parah.

Saat mas Iq mulai menulis di blognya tentang asites (cairan yang mengumpul di perut karena efek dari penyakitnya), Babang mulai beranikan diri Japri tanyain kabar dan kasi dukungan. Penyakit yang mas Iq derita saat itu ngingatin Babang sama emak yang udah duluan menghadap ilahi. Sekalipun penyakitnya beda tapi mereka punya problem yang sama, Asites. Emak terkena penyakit kangker rahim stadium akhir, setelah dioperasi dan kemo berbulan-bulan, muncul asites. Cairan ini bersemayam di perut, makin hari makin membesar. Satu-satunya cara adalah disedot. Hingga suatu hari, saat asites harus dikeluarkan sesegera mungkin, sedangkan kondisi tubuh emak gak kuat untuk melakukan penyedotan. Emak jatuh koma karena cairan sudah menggenangi paru-paru sehingga hanya bisa bernapas dengan bantuan oksigen. Setelah 2 hari koma, emak pergi meninggalkan Papski, dan kami ke 6 anaknya untuk selama-lamanya. Jadi mewek lagi deh :( . Makin hari Babang makin sering whatsapp an dengan mas Iq. Mas Iq mulai sering curhat tentang penyakitnya yang kian parah, tentang ikhtiarnya dalam berobat, tentang food combining yang jadi rutinitas barunya. Kadang yang bikin kesal saat kita serius nanyain kondisinya, tapi dia masi sempat balasnya dengan becanda. Gak jarang dia minta didoain agar penyakitnya segera diangkat.

Selesai les di Kampung Inggris barulah Babang bisa jumpa dengan Mas Iq untuk pertama kalinya. Kami cepat sekali akrab. Mungkin karena orangnya suka nanya ini-itu, trik ampuh buat cairin suasana. Babang masi ingat waktu itu dia bilang "ooo ternyata ini yang punya blog travengler" dan " kamu punya banyak koleksi pilem kan?". Pertemuan selanjutnya, selain bawain buah Babang gak lupa bawain micro sd yang full ama film, biar gak bosan selama di rumah sakit. Jika dihitung kami baru berjumpa 4 atau 5 kali dan sayangnya pertemuan itu selalu di rumah sakit. Sampai suatu saat kondisinya makin lemah, untuk ngetik balasan chat udah gak mampu, dia balas chat rekaman voice note aja. Sejak saat itu Babang putuskan untuk berhenti whatsapp tanyain kabar, kalo pengen tau kondisi terbaru langsung jenguk aja. Di bulan September Babang dan teman-teman Blogger Batam sepakat menjenguknya kerumah namun pas di hari itu mas Iq dilarikan kerumah sakit. Lagi-lagi kami berjumpa di rumah sakit. Siapa sangka ternyata itu pertemuan terakhir Babang dengannya.


Hari ini, tepat seminggu yang lalu, mas Iq kalah berperang dengan penyakitnya. Allah menyudahi penderitannya, dan membawanya jauh. Jauh sekali. Tapi sudahlah, kamu sekarang dah senang disana mas Iq. Gak ada lagi sakit atau rasa sesak karena asites. Babang yakin mas Iq sekarang lagi tidur dengan tenang. Tadi malam kami teman-teman blogger datang tahlilan kerumahmu. Seperti biasa, istrimu terlihat tegar seperti biasanya. Mas Iq gak usah khawatir, wanita sekuat dia akan mampu melewati cobaan ini.
Babang percaya dia mampu jaga buah cinta kalian, Adeeva sampai besar kelak. Selamat jalan kawan. You will be missed.




You Might Also Like

26 komentar

  1. Ikut berduka cita mas, meskipun tidak kenal secara lansung tapi ini berita yang kurang baik di dunia blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, almarhum orangnya baik. banyak sekali yg sayang dan merasa kehilangan

      Hapus
  2. Ohh mamski nya juga dipanggil olehNYA karena kangker...ya..?

    Semoga mamskinya dan juga Iqbal mendapat tempat terbaik disisinya...

    BalasHapus
  3. Badan Emakkku yang gendut dulunya juga tinggal tulang yang di tutupi kulit, karena kangker rahim yang menderanya selama 2 Tahun..benar2 ni penyakit ya..rasa2nya aku trauma dengar kata Kanker....

    BalasHapus
  4. Babang sering ketemu iq..sy udah kenal lama di dunia Maya blm pernah ktemu . hanya ngobrol di WA dan japri aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sehat ketemu,banyak banget pelajaran yg Babang dapat dari almarhum

      Hapus
  5. Selamat jalan Iqbal, Alfatihah
    Walaupun raga telah tiada namun karya karyamu akan kekal abadi dan dikenang karena sangat bermanfaat buat orang lain

    BalasHapus
  6. bang Iqbal orang yang hebat, dalam sakitnya dia tidak pernah mengeluh. orang yang baik akan selalu di kenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak eka, gak pernah mengeluh, sampai terakhir pun masi semangat untuk sembuh

      Hapus
  7. Luar biasa memang kawan kita yg satu ini ya, Mad 👍👍👍

    BalasHapus
  8. keinginan yang belum kesampaian itu piknik dengan iqbal :((
    dan ajakin dia ikutan famtip

    BalasHapus
  9. Cuma kenal bang Iq dari komen2 di blog, sungguh salut akan ketegarannya menghadapi penyakit. Semoga arwah beliau tenang di sisiNya sekarang dan tidak menderita lagi.

    Aamin...

    BalasHapus
  10. semoga amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT

    BalasHapus
  11. Sudah hilang semua rasa sakit dan deritanya. Selamat jalan mas Iqbal. Walaupun kita belum pernah bersua tatap muka tapi kita sering jalan-jalan antar blok dan bertukar komen. Insyaallah duniamu di alam sana jauh lebih indah. Amin

    BalasHapus
  12. mas IQ orang yang luar biasa
    semoga Allah memberikan tempat terbaik untuknya
    istri yg luar biasa dan dek adeeva juga diberikan kekuatan tuk meneruskan perjalanan "panjang". blognya hidup lagi "mungkin istrinya nglanjutin"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kemaren kabarnya istrinya pengen lanjutin tapi gak tau passwordnya apaan kak

      Hapus

🙏 Hai salam kenal ya. Matur tengkiuw udah kepoin blog Babang Trav. jangan lupa tinggalin komen ya. Babang pasti berkunjung balik ke blog Kepoerz semua. Komen berisi link langsung Babang hapus ya.

Untuk kerjasama bisa dihubungi lewat email : travengler@gmail.com

Facebook   Google+   Instagram   Twitter