PETIK BUAH DI KUSUMA AGROWISATA

August 26, 2016


Berlibur ke kota Malang gak bakalan lengkap kalo gak nyicip apel Malang yang femes itu. Bagi Kepoerz penggemar buah jangan sampe melewatkan kesempatan untuk memetik apel dan buah  lain langsung dari pohonnya di Kusuma Agrowisata, Batu, Malang. Tempat ini berdiri sejak taun 1991 dan merupakan pionir wisata agro di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas PO BOX 36, Batu - Jawa Timur. Untuk Masuk kita harus membayar Rp.95.000. Cukup mahal sih menurut Babang. Dengan harga segitu kita bakalan dapat welcome drink yogurt, nasi goreng, jus buah, trus dibolehin petik 2 jambu biji, 2 apel dan 2 buah naga.


Saat masuk, pemandu berseragam sekolah ngarahin babang untuk memulai tour dari kebun jambu biji. Pemandu tadi adalah siswa SMA yang sedang magang disini. Ada ratusan pohon jambu biji sedang berbuah lebat. Babang langsung manjat untuk cari buah yang paling besar. Sebenarnya gak harus manjat juga sih, bisa kok petik dari bawah, secara tinggi batangnya rata-rata 2 meter doang, tapi gak papa deh sekalian nyalurin hobi babang yang suka panjat-memanjat mehehehe #ketawalaknat. Tapi kayaknya semua jambu sama aja besarnya. Gak jarang Babang dapat jambu biji yang udah hampir busuk karna terlalu masak. Perlu diingat, pengunjung diijinkan untuk memetik 2 buah jambu biji aja, tapi Babang liat banyak tuh pengunjung lain petik banyak jambu trus makan ditempat. Pas mau pulang petik 2 biji lagi. Kalo diitung-itung udah berapa itu. Lama-lama bisa bangkrut kalo pengunjungnya kayak gitu hahaha.


Udah puas berkeliling di kebun jambu biji waktunya pindah ke kebun apel yang letaknya berdekatan. Seorang petugas kasih arahan singkat tata cara memetik apel yang benar. Hampir semua apel disini bewarna ijo dan ijo kemerahan sebesar kepalan tangan atau malah lebih kecil. Berulang kali suara petugas menggema melalui pengeras suara mengingatkan kami agar berhati-hati memetik apel. Gak dibolehin pegang dahan apel, cukup pegang buahnya aja lalu putar ke kanan. Memetik apel dengan sembrono bisa merusak batang apel dan mempengaruhi produksi buah yang akan datang.


Pohon apel gak seperti Jambu biji atau buah naga yang mulai berbuah dalam waktu relatif singkat. Pohon apel akan mulai berbuah setalah berumur 5 tahun lebih. Jadi jangan heran mengapa petugas disini gak akan pernah bosan ngingatin pengunjung untuk memetik sesuai prosedur. Kalo salah, udah pasti merugikan mereka. Dikawasan ini udah dibangun pabrik untuk mengolah buah apel di kebun ini menjadi minuman sari apel. Pemasarannya sendiri udah sampe Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta dan Bali.



Selanjutnya Babang beralih ke kebun buah naga. Untuk menuju kebun ini kita harus menaiki Mini Van yang udah disediain karna jaraknya cukup jauh. Ratusan pohon buah naga berjejer rapi ditanam. Ini pertama kalinya buat babang liat pohon buah naga secara langsung. Kebayang kan betapa senangnya, kayak ketemu artis idola. Sama saat pertama kali Babang liat pohon anggur, saking senangnya Babang mengambil banyak banget foto buah ini dengan henpon sebagai kenang-kenangan. Buah Naga salah satu buah favorit Babang untuk dijadikan jus. Berhubung harganya yang mahal jadi gak bisa sering-sering beli buah ini mehehehe.

Foto kiriman T R A V E N G L E R (@travengler_id) pada



Walopun dijatahin masing masing 2 buah. Bukan berarti gak boleh memetik lebih. Kita boleh kok memetik sesuka hati untuk dibawa pulang buat oleh-oleh. Semua buah tadi ditimbang. Gak usah khawatir masalah harga, yang pasti harga per kilonya lebih murah daripada membeli di toko buah.

Foto kiriman T R A V E N G L E R (@travengler_id) pada

Kusuma Agrowisata gak melulu soal buah-buahan aja. Pengunjung bisa cobain kegiatan lain yang dinamakan Fun Adventure Activity seperti paint ball, mengendarai ATV, kereta mini, flying fox, berkuda, outbond, bermain softgun dan berenang di waterpark. Kita harus membayar untuk semua kegiatan tadi.


Bagi yang berkunjung ke kota Malang, Percayalah, 1 hari gak bakalan cukup. Banyak banget tempat menarik yang musti dikunjungi. Seenggaknya brosis harus menginap di Malang  2-3 malam biar puas menikmati keindahan kota ini. Ngomong-ngomong penginapan, Kalo Babang sih gak pernah pusing karna ada Traveloka. Mau jalan kemana aja, pas nyari hotel tinggal booking lewat aplikasinya di henpon, Beres. Banyak loh pilihan hotel keceh disini, contohnya Savana Hotel Malang. Alamatnya di jalan Letjen Sutoyo No 32-34 Rampal Celaket Klojen. Savana Hotel Malang terletak di pusat kota Malang, hanya berjarak 2 Km dari Malang Town Square dan 9 Km dari bandara Abdul Rahman Saleh.



Bagi brosis yang datang dengan teman atau keluarga gak perlu kuatir, karna Savana Hotel  Malang juga menyediakan kamar dengan twin bed. Semua kamar yang ada disini udah dilengkapi brangkas , free wifi dan free  breakfast. Fasilitas lain yang tersedia yaitu fitness centre, Spa dan kolam renang.  giammana? keren kan?!.



You Might Also Like

12 comments

  1. Replies
    1. weekend mainla kesana dek. sekitar 3 jam an aja pake bus

      Delete
  2. Replies
    1. agrowisata paporit saya banget 🍎🍇🍉🍒

      Delete
  3. Wkwkwk, semangat buka kirain cerita di selangor. Btw ga tau kalo malang juga punya buah naga

    ReplyDelete
    Replies
    1. selangor kaming sun kak rin. stay tuned ya 😅

      Delete
  4. Woow....buah naganya di jus aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. tapi di batam harganya mahal bingit

      Delete
  5. Aku paling suka apel malang.... apalagi kalo bisa metik sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya buahnya kecil banget. apel luar negri bisa segede gaban 😅

      Delete
  6. tahun lalu ke malang, tapi gak masuk ke wisata ini karena cuma sebentar doang dimalang, cuma main di BNS doang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. serh banget padahal lho mas, Babang aja kalau ke Malang lagi mau kesini lagi hehe

      Delete

🙏 Hai salam kenal ya. Matur tengkiuw udah kepoin blog Babang Trav. jangan lupa tinggalin komen ya. Babang pasti berkunjung balik ke blog Kepoerz semua. Komen berisi link langsung Babang hapus ya.

https://www.instagram.com/travengler.id/